Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, lebih dari itu, olahraga juga diketahui dapat membuat perasaan menjadi bahagia. Orang yang aktif melakukan latihan fisik, akan lebih bahagia dalam hidupnya. Ini karena olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan, serta baik untuk otak kita.

Ada beberapa jenis olahraga yang diperuntukkan untuk tiap-tiap masalah, misalnya untuk mengurangi rasa stress, depresi, sedih atau bahkan emosi. Salah satu olahraga yang bisa disebut secara general mampu menangani itu semua adalah yoga. Bagusnya lagi yoga bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Jika tiba-tiba kamu butuh untuk melakukan yoga untuk selfhealing, kamu tetap bisa kok melakukannya di rumah atau di sela-sela jam istirahat kantor untuk mengembalikan mood-mu.

Latihan dapat memperlancar peredaran zat kimia di sistem saraf yang berfungsi sebagai anti-depresan, pereda stres, dan pembangkit energi. Kuncinya ada pada cara memadukan kondisi emosional dan latihan sehingga mood akan kembali membaik dan siap untuk beraktivitas. Dengan melakukan olahraga, kamu telah menyayangi dirimu sendiri untuk mendapat tubuh yang sehat, sehingga hidup pun lebih bahagia. 

Kesehatan dan kebahagiaan adalah sebuah harta yang sangat berharga diberikan Tuhan, tentunya kita akan akan berupaya sekuat tenaga untuk menjaga, memeliharanya agar tidak rusak dimakan usia, atau kondisi yang merenggut dua hal tersebut tersebut, serta tidak lantas membiarkan begitu saja. Salah satunya dengan hal-hal sederhana seperti Yoga, yang mudah, namun besar impactnya. 

Yuk, jangan biarkan mood-mu yang sedang turun mengganggu aktivitasmu. Kembalikan spirit yang hilang dengan melakukan yoga. Kamu berhak bahagia dengan mendapatkan pola hidup sehat. 

Berikut 3 gerakan simple yoga, yang dijamin bikin kamu bakal rileks dan ceria kembali!

 

Baddha Konasana

Duduk tegak namun tetap rileks dengan posisi bersila. Pertemukan kedua telapak kaki, tahan kakimu di bawah dengan kedua tangan secara perlahan, kemudian angkat bokong dan tulang belakang ke atas.

Lakukan gerakan ini dengan lembut sambil mengambil nafas. Tahan selama 10 detik, kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini selama 3 kali agar kamu bisa merasakan relaksasi.

 

Janu Sirsasana

Ini merupakan gerakan lanjutan. Luruskan kaki kanan ke depan dan letakkan telapak kaki kiri di sisi paha kanan. Dengan perlahan, jangkau telapak kakimu dengan kedua tangan sambil menundukkan kepala dan mendorong punggung ke depan.

Ingat, tetap jaga bahu, kaki dan kepala dalam satu garis. Rilekskan nafaskan dan hitung sampai 8. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

 

Supine Spine Twist

 

Step terakhir adalah gerakan untuk melepas ketegangan di bagian punggung bawah, perut dan kaki. Sama seperti gerakan lainnya, gerakan ini dilakukan untuk kedua sisi kanan dan kiri.

Cara agar kamu bisa melakukan gerakan yoga ini dengan benar adalah dengan memperhatikan nafas. Tahan nafas dengan waktu yang agak lama, yakni sekitar 5-6 hitungan. Kemudian tarikan atau hembusan nafas harus lembut dan perlahan. Cara ini akan membuat kamu lebih rileks dan mendapat pikiran yang lebih seimbang.

Selain dalam ruangan, melakukannya di alam terbuka seperti backyard yang tenang juga baik untuk menambah relaksasi. Namun pastikan kamu melakukannya pada pagi atau sore hari ya agar udara dan cuaca mendukung acara olahragamu.

Well, gerakannya sangat simple, namun sangat bermanfaat. Gerakan sederhana ini bisa banget kamu praktikkan sebelum tidur atau kapan pun kamu merasa jenuh atau penat.

“We all want happiness, and yoga is the way for that much needed happiness factor in life” –Sri Sri Ravi Shankar.

0 Komentar

KABAR TERBARU