Banyak yang mengidentikkan berkebun dengan hobi orang tua. Perspektif ini membuat kegiatan bercocok tanam dianggap membosankan dan ketinggalan jaman bagi millenials jaman sekarang. Alasannya beragam, mulai dari dianggap memakan banyak waktu, malas kotor-kototran, atau kurang berseni.

Wah, sayang sekali, karena hal ini sangat kontras dengan segudang manfaatnya. taukah Celebbudies, berkebun bisa jadi sarana efektif untuk mengurangi stress dan mampu membuatmu lebih rileks loh!

Seorang professor kebijakan pangan di City University London, Tim Lang, PhD, mengatakan bahwa melakukan kontak langsung secara rutin dengan tanaman, hewan, dan lingkungan alam ternyata dapat meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental seseorang. Itu sebabnya, baik anak-anak maupun orang dewasa, berkebun bisa jadi salah satu alternatif untuk menangani masalah kesehatan fisik atau mental yang sedang mereka alami.

Tak hanya Lang, banyak dokter di London yang mulai meresepkan “terapi berkebun” untuk mengurangi gejala depresi, seperti kesepian, kecemasan, maupun stress berkepanjangan. Seperti dikatakan oleh seorang terapis, Hilda Burke, bahwa keunikan dari berkebun dan yang membuatnya berbeda dari kegiatan lain seperti membuat kue atau merajut adalah, bahwa berkebun, secara harfiah menghubungkan kita langsung ke bumi. Maksudnya, bersentuhan dengan tanah, menanam sesuatu, sabar menunggu hasil, dan memelihara bibit akan menawarkan pelajaran berharga bagi kehidupan pribadi kita.

Bercocok tanam juga sudah pasti membuat kita bersentuhan langsung dengan alam. Tanah, tanaman, air, udara, suara alam, dan lainnya yang kamu sentuh, akan membuat kamu terhubung dengan makhluk hidup lainnya. Berkebun juga bisa bertindak sebagai pengingat jika kamu bukanlah satu-satunya pusat alam semesta. Itu sebabnya, berkebun adalah cara yang baik untuk belajar merawat dan menghormati sesama makhluk hidup.

Berkebun juga tanpa disadari menjadi sarana olahraga dan penyegaran pikiran. Karena pada dasarnya, berkebun akan mendorongmu untuk ‘berolaharga’ dan menghabiskan waktu di luar rumah lebih lama. Pasalnya kegiatan seperti menyiangi tanaman, memupuk, menyiram, sampai membersihkan taman akan membuatmu terus bergerak dan berkonsetrasi tinggi. Meski nampaknya melelahkan, tapi justru ini bagus buat tubuh kita kan?

Kegiatan ini pun tak membutuhkan banyak biaya, alias murah, bahkan gratis karena bisa dilakukan di kebun atau rumahmu sendiri. Tak perlu berpikir harus memiliki halaman yang luas untuk berkebun, beberapa pot dengan tanaman hijau yang menyegarkan mata di tepian jendela juga bisa meningkatkan semangat kamu setiap kali melihatnya. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai kaleng atau botol bekas untuk dijadikan pot gantung yang cantik.

Bagi orang di jaman sekarang ini, berkebun seharusnya menjadi salah satu hobi yang bisa ditekuni sebagai pengobat stress. Kegiatannya menyenangkan, caranya mudah, tak butuh banyak biaya, dan sudah pasti menyehatkan!

“I grow plants for many reasons: to please my soul, to challenge my patience, for novelty, or for nostalgia, but mostly for the joy in seeing them grow” –David Hobson.

3 Komentar

29 January 2019

coba

Alfa Beta Gamma Sigma

29 January 2019

bagus

Darth Vader

29 January 2019

komen

KABAR TERBARU