Gaya hidup seseorang menentukan kualitas kehidupannya. salah satunya dalam management stress. Tidak bisa dipungkiri, hidup di zaman sekarang dengan segala sesuatunya, rentan membuat kita mengalami stress.

Sistem kebut semalam dalam menyelesaikan tugas, mengerjakan banyak pekerjaan di waktu bersamaan, selalu berpikir negatif, hingga memaksakan diri di luar kemampuan merupakan beberapa penyebab yang membuat orang stress. Hal itu bukan datang dari orang lain, melaikan dari diri kita sendiri.

Stres adalah reaksi fisik dan mental yang alami terhadap aktivitas kehidupan sehari-hari. Semua orang bisa saja mengalami stres dari waktu ke waktu. Apapun tanggung jawabmu sehari-hari seperti pekerjaan dan keluarga dapat memicu stres. Karenanya, ada baiknya agar tidak menjadi stress adalah dengan menghindari penyebabnya, bukan mengobatinya.

Relaks Celebbudies. Ada beberapa langkah sederhana yang menjadi kunci menghindari stress agar hari-harimu jadi lebih bahagia.

Hindari khawatir berlebihan dan perbanyak pikiran positif

Khawatir bisa memicu stres berlebihan. Perasaan ini biasanya muncul akibat sibuk dengan skenario pikiran "bagaimana jika.." dan hal buruk lainnya. Rasa was-was akan menyedot energi emosional, membuat tingkat kecemasan melonjak, dan mengganggu kehidupan sehari-harimu. Latih otak untuk tetap tenang dan melihat kehidupan dari perspektif yang lebih seimbang.

Hidup santai dan jangan berpikir yang tidak-tidak

Berfikir yang tidak-tidak dan belum tentu terjadi bisa menambah kecemasan. Meyakini kekhawatiran tersebut malah bisa lebih merusak lagi. Akan sulit untuk menghentikan kebiasaan khawatir jika kamu sendiri yakin pada kekhawatiran tersebut. Untuk menghentikan kecemasannya, kamu harus menyadari bahwa mengkhawatirkan adalah masalahnya, bukan solusinya, maka kamu akan bisa mendapatkan kembali kendali atas pikiranmu.

Jangan serakah atau iri hati dengan milik orang lain

Keserakahan sama buruknya dengan iri hati dan dengki. Kamu harus bahagia dengan apa yang kamu miliki dan tidak cemburu dengan apa yang orang lain miliki. Keserakahan, cemburu, atau merasa iri hati tidak akan membuat hidupmu lebih baik. Kamu malah tidak akan mendapatkan apapun yang diinginkan karena kamu akan selalu khawatir dengan apa yang tidak dimiliki dalam hidup ini. Jadi, bersyukurlah dan berbahagialah dengan apa yang kamu miliki dan kamu dapatkan dalam hidupmu.

Move on! Berfikirlah ke depan, bukan ke masa lalu

Banyak orang bilang, penting untuk mengingat hal-hal yang telah kamu lakukan di masa lalu sehingga jadi panduanmu untuk kehidupan kedepannya. Sejatinya, sejarah tidak lain adalah masa lalu. Jika kita telah melakukan sesuatu atau melalui situasi yang tidak kita banggakan atau sukai, itu sangat manusiawi, dan merupakan bagian dari kehidupan. Ambillah yang baik dan tinggalkan yang yang buruk. Bukan kamu sendiri kok yang merasakannya.

Milikilah pola pikir ‘cepat move on”. Jika pikiranmu fokus pada hal-hal negatif di masa lalu, bagaimana hidupmu akan bergerak maju, yang ada hidupmu akan bergerak ke arah yang negatif. Celebbudies, hidupmu akan bergerak ke arah pikiran paling dominan. Positif atau negatif, semua adalah pilihan. Move-on lah, jangan meratapi yang telah terjadi dan melangkahlah maju.

Diri kita telah diberi akal pikiran untuk menentukan jalan yang akan kita ambil. Segala sesuatu bisa kita pilih, mau yang positif atau negatif. Salah satu cara terbaik dalam mengelola stress adalah dengan pola pikir kita.

Segala hal bisa menjadi pemicu stress jika kita tidak memandangnya dan menghadapinya dengan cara pikir positif, begitupun sebaliknya. Karenanya, stress dapat dihindari dengan kepiawaian kita mengolahnya. Relaks, focus, and say goodbye to stress.

“Take short break and focs your attention away from whatever is causing you stress” –Unknown.

1 Komentar

Sherly Holmes

14 February 2019

Bagus

KABAR TERBARU