Beberapa makanan memang memiliki kandungan tertentu yang membuat tubuhmu mudah lemas atau bahkan rileks sehingga membuat terasa sangat ngantuk. Kira-kira makanan apa saja yang harus kamu hindari untuk mengatasi kantuk di kantor yang biasa datang menyerang setelah makan siang?

Nasi Putih
Seperti diketahui, nasi putih merupakan sumber karbohidrat. Meski dibutuhkan tubuh, mengonsumsinya terlalu banyak, terutama pada siang hari akan membuat kamu terserang kantuk setelahnya. Hal ini juga terjadi karena indeks glikemik di dalam nasi putih yang cukup tinggi yang membuat tubuhmu akan mudah mengantuk.

Produk Susu
Susu ataupun makanan olahan yang mengandung susu seperti keju ataupun yoghurt, mengandung triptofan yang dapat membuat tubuh menjadi rileks, serta kandungan kalsium dapat mengurangi stress. Jadi tidak heran jika setelah kamu mengonsumsinya, tubuhmu akan lebih tenang dan akan mudah ngantuk.

Buah Pisang
Buah satu ini juga perlu dihindari sementara jika kamu tak ingin mudah ngantuk. Pasalnya, buah pisang mengandung magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf dan otot menjadi lebih tenang. Selain itu pisang juga mengandung triptofan yang dapat menghasilkan serotonin, menyebabkan tubuh yang tegang akan berubah menjadi lebih santai. Triptofan merupakan salah satu dari sembilan asam amino esensial yang membantu tubuh memproduksi serotonin, zat kimia yang bertanggung jawab mengatur nafsu makan dan suasana hati. Jadi, buah pisang tidak dianjurkan untuk jadi cemilan saat bekerja ya.

Rasa kantuk memang sangat alamiah, namun akan sangat mengganggu pada jam-jam produktif. Dengan mengetahui penyebabnya, tentunya rasa kantuk bisa banget buat dicegah. Sekarang sudah tau kan, makanan apa saja yang  bisa kamu hindari untuk mengatasi kantuk berlebih? 

“Eat to fuel your body, not to feed your emotions” -Unknown

0 Komentar

KABAR TERBARU