Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. 

Faktor penyebabnya pun banyak mulai dari bertambahnya usia, konsumsi garam berlebihan, kelebihan berat badan, pola hidup tidak sehat, salah satunya terlalu sering stress. Yup, faktor terakhir ini diam-diam bisa membuatmu mengidap hipertensi lho! 

Hipertensi dipandang oleh banyak orang sebagai indikasi meningkatnya ketegangan, kecemasan, atau stress emosional. Kecemasan atau stress ini terkait dengan peningkatan tekanan darah sementara, tetapi bukan tekanan darah tinggi kronis. Kecemasan akan memicu pelepasan hormon yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan penurunan diameter pembuluh darah, yang keduanya menyebabkan peningkatan tekanan darah. F.Y.I., pengaruh stres pada tekanan darah jangka pendek bisa menyebabkan kenaikan tekanan arteri hingga sebanyak 30-40% lho! Meski hanya akan berlangsung sementara, tentunya hal ini tetap tidak baik Celebbudies. 

Memang sih, dampak stres terhadap tekanan darah masih belum bisa dipastikan, namun faktor stress, sering disebut sebagai penyebab tekanan darah tinggi. Apalagi jika ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, terlalu banyak makan dan jarang bergerak, akan meningkatkan tekanan darah kamu. 

Jika tekanan darah kamu tinggi, pantau dengan ketat sampai angka tersebut turun dan bisa dikendalikan dengan baik. Melakukan gaya hidup sehat juga sangat penting untuk mencegah hingga mengobati hipertensi ini. Salah satunya dengan rutin berolahraga. Karena dengan berolahraga, tingkat stres akan lebih rendah ketika tubuh bergerak aktif. Sebab olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik atau bahagia.

Celebbudies, mencegah hipertensi lebih mudah dan murah jika dibandingkan untuk mengobatinya. Karena itu, pencegahan sebaiknya dilakukan seawal mungkin sebelum memicu terjadinya komplikasi yang lebih buruk. Yuk, mulai sekarang kelola stress dan jaga pola hidup sehat agar terhindar dari hipertensi dan hidup lebih bahagia.

“Maintaining good control of glucose and [high blood pressure] limits morbidity and mortality” – Stuart Weiss.

0 Komentar

KABAR TERBARU