Coba deh, apakah kamu adalah tipe orang yang sering bolak-balik mengecek handphone untuk sekadar melihat pesan singkat, socmed atau e-mail? Jika demikian, waspadalah karena kemungkinan kamu menderita kondisi berbahaya! 
Menurut American Psychological Association (APA), 86 persen orang yang terus menerus mengecek handphone memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibanding mereka yang menghabiskan waktu lebih sedikit dengan handphone. Hasil ini didapatkan berdasarkan survei yang melibatkan 3.500 orang dewasa.
Mengecek handphone sebetulnya adalah hal yang sangat biasa dilakukan oleh banyak orang. Sama dengan kamu, orang lain juga biasanya akan mengecek akun media sosial, email, pesan singkat atau hanya sekedar melihat unggahan foto seseorang. Namun, seberapa sering kamu mengecek handphone itulah, yang akan menjadi sebuah masalah yang mengganggu kesehatan apabila sudah berlebihan.
Menurut survei yang dilakukan oleh APA, 74 persen orang memiliki koneksi internet di smartphone, sebesar 55 persen di tablet dan 9 – 10 persen di laptop atau komputer. Mereka yang berusia 18 sampai 29 tahun mendominasi angka pengguna media sosial sebesar 90 persen. Isu politik dan perbedaan di internet atau media sosial juga dianggap sebagai salah satu penyebab seseorang menjadi stress. 
Masih menurut survei, penggunaan teknologi sebesar 18% menjadi pemicu stres secara signifikan. Apa yang membuat mereka yang selalu mengecek handphone secara terus menerus menjadi stres? Jawabannya adalah isu politik dan budaya yang banyak menjadi sorotan di internet dan media sosial. Taukah kamu jika lebih dari 42 % seseorang yang terus menerus memantau diskusi politik atau perdebatan mengenai perbedaan budaya, lebih rentan stres dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah memperhatikan isu politik dan budaya lho. Konflik di dalam perdebatan tersebut menjadi penyebab utamanya.
Tanang, kecanduan handphone masih bisa diatasi kok celebbudies. Salah satu cara agar kamu tidak stres karena terlalu sering mengecek handphone adalah mematikan bunyi notifikasi. Ini menjadi cara yang paling mudah untuk kamu agar tidak ada pemberitahuan dari media sosial yang bisa mengganggu konsentrasi.
Kamu juga bisa melakukan cara lain, yaitu dengan mencoba offline beberapa saat. Matikan wifi atau paket data selular yang bisa menghubungkanmu langsung ke internet, merupakan cara tepat untuk mendapatkan ketenangan beberapa saat. Cobalah untuk memeriksa handphone satu jam sekali. Namun jangan lupa, beri tahu orang lain terlebih dahulu ya kapan kamu akan online dan bisa dihubungi. 
Kita semua memang membutuhkan ponsel. Namun selalu ada cara bijak untuk menggunakannya. Ingat, ponsel hanya sebuah alat ya Celebbudies. Hal terpenting yang sebenarnya adalah berinteraksi langsung dengan orang sekitar agar menghindarkan kita dari stress akibat terlalu lama berkutat dengan internet. Yuk, lebih bijak gunakan ponsel. 
“If the cell is your hand does not contain cytoplasm, please put it away” - Brianmai

0 Komentar

KABAR TERBARU