Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sistem daya tahan tubuh untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit. Namun saat daya tahan tubuh lemah, tubuh menjadi tidak mampu melawan virus, bakteri, dan penyebab penyakit lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui cara sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Imunitas tubuh yang menurun dapat meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit, antara lain flu, batuk, pilek, dan lain sebagainya. Kondisi penyakit tertentu juga dapat mengakibatkan imunitas tubuh menurun, antara lain pada penderita kanker.

 

Lantas bagaimana meningkatkan Imunitas Tubuh? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak mudah sakit.

 

1. Pola Makan yang Benar dan Sehat

1)        Konsumsi makanan sesuai kebutuhan

Asupan makanan berlebih atau kurang dapat mempengaruhi sel-sel imun tubuh. Seseorang dengan status gizi obesitas atau kurus lebih berisiko mudah terserang penyakit infeksi.

2)        Kurangi konsumsi gula, garam, dan lemak

Konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan akan meningkatkan risiko obesitas. Konsumsi gorengan dan makanan berlemak selain dapat meningkatkan kolesterol jahat, juga meningkatkan inflamasi sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

3)        Meningkatkan konsumsi buah dan sayur

Kandungan dalam buah dan sayur untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Fungsi zat tersebut yaitu untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk memerangi infeksi. Upayakan konsumsi sayur dan buah setiap kali makan utama dan makan selingan.

4)        Pemilihan waktu makan yang tepat

Frekuensi makan yang benar adalah 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan, terbagi menjadi sarapan, selingan 1, makan siang, selingan 2, dan makan malam.

 

2. Aktivitas Fisik / Olahraga

Olahraga dilakukan secara teratur dan terukur akan meningkatkan hormon untuk daya tahan tubuh. Peningkatan aktivitas fisik dapat dilakukan dengan olahraga setiap hari minimal berlari-lari kecil 30 menit setiap hari.

 

3. Manajemen Stres dengan Baik

Selalu berpikir positif dalam segala hal akan meringankan beban kerja tubuh. Stres dan berpikir negatif akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi lebih banyak dan akibatnya imunitas tubuh akan menurun.

 

4. Istirahat Cukup

Istirahat dalam hal ini adalah jam tidur yang cukup dan tidak terbebani secara psikis. Waktu tidur yang cukup untuk dewasa adalah 6-8 jam per hari.

 

5. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Bahaya merokok bagi kesehatan yang paling utama datang dari kandungan racun yang akan terhirup melalui saluran pernapasan serta memicu kerusakan organ dan menurunnya fungsi organ tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih sulit melawan bibit penyakit karena harus mengatasi kerusakan organ dan melawan racun dari paparan asap rokok.

 


Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

 

Selain menerapkan pola hidup sehat, konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang tidak memenuhi kebutuhan zat gizi. Produk H2 Shark Liver Oil merupakan suplemen berbahan dasar minyak hati ikan hiu Somnocius Microcephalus yang berfungsi untuk : meningkatkan sistem daya tahan tubuh, mencegah berkembangnya virus atau bakteri, dan menjaga stamina serta membuang racun tubuh.

Kandungan Alkylglycerol dalam H2 Shark Liver Oil berfungsi untuk mengaktifkan sel imun dan meningkatkan respon antibodi. Pada penderita kanker, H2 Shark Liver Oil membantu meningkatkan imunitas tubuh yang melemah, memperbaiki fungsi sel sehingga membantu mengurangi efek samping kemoterapi.

0 Komentar

KABAR TERBARU