Polusi udara di kota-kota besar kini menjadi masalah yang serius. Polusi udara yang terus meningkat membuat kita mudah memperoleh berbagai jenis penyakit. Di antaranya; asma, penyempitan saluran pernapasan, ispa, pneumonia, hingga jantung koroner. Tak hanya dari pabrik, atau asap kendaraan, asap rokok juga berpengaruh besar dalam hal mengotori udara dan membuatnya menjadi tidak sehat.

Berbagai cara pun dilakukan untuk meminimalisir dampak buruknya, seperti menggunakan masker saat berada di jalanan yang penuh asap, menghindari asap rokok, hingga memelihara tanaman pembersih udara untuk di dalam ruangan.

Yup, beberapa tanaman memang dikenal dapat menyerap polusi dalam ruangan. Kamu bisa memeliharanya di dalam rumah sebagai pemfilter udara yang kotor hingga memurnikannya kembali. Kalau selama ini kamu hanya tau Sansevieria atau tanaman lidah mertua, berikut 5 jenis tanaman lain yang recommended untuk kamu pelihara di dalam rumah.

Aglaonema

Aglaonema teruji dapat melembabkan udara. Hal ini terbukti dengan keefektifannya dalam menyaring benzena dan formaldehida dari udara. Asiknya lagi, tanaman Chinese Evergreen atau di Indonesia dikenal dengan nama Sri Rejeki ini tidak memerlukan banyak cahaya untuk membuatnya hidup dengan baik.

Ivy

Tanaman ini adalah pilihan yang cocok untuk kondisi pencahayaan rendah. Ivy baik untuk menyerap benzena, karbon monoksida, formaldehida dan trichloroethylene. Tanaman cantik ini juga membantu menghilangkan beberapa alergen seperti jamur.

Philodendron

Tanaman ini dikenal sebagai 'pekerja keras' dalam menyaring formalin dan bahan kimia beracun lainnya dari udara. Philodendron akan lebih baik jika ditempatkan pada daerah bercahaya rendah, karena tanaman ini akan sangat mudah untuk beradaptasi di sana. Tapi yang perlu diingat, Philodendron bisa berbahaya bagi anak-anak dan hewan.

Lili paris

Lili paris merupakan tanaman terbaik untuk menghilangkan etilbenzana, p-Xylenes, orthoxylene—senyawa yang ditemukan dalam tinta, karet, lem, cat dan furnitur. Bagusnya, tanaman ini dapat beradaptasi di banyak lingkungan dan sering menghasilkan tunas-tunas baru, yang dapat dipindahkan ke tempat lain.

Bromelia

Tanaman dari suku nanas-nanasan ini biasanya memiliki warna cerah dan menarik. Bromelia merupakan penyerap terbaik pada benzena, senyawa beracun yang berasal dari asap kendaraan dan asap rokok. Bromelia juga efektif dalam menghilangkan berbagai VOC lainnya.

Celebbudies, meski tanaman-tanaman di atas berfungsi  signifikan dalam meningkatkan kualitas udara, namun tindakan yang terbaik adalah dengan menyingkirkan sumber senyawa berbahaya tersebut, misalnya asap rokok. Bagaimana pun, tanaman di atas memang dapat menyerap sebagian senyawa berbahaya, tetapi tidak mungkin menghilangkan semuanya terutama aromanya. 

“There’s so much pollution in the air now that if it weren’t for our lungs there’d be no place to put it all” –Robert Orben.

0 Komentar

KABAR TERBARU